Episode pertama JKT48 2nd Generation Audition, 22 September 2012

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 22 September 2012

Inilah salah satu keunikan JKT48. Audisi generasi dua JKT48 ditayangkan RCTI hari ini, berdurasi sekitar 60 menit. Unik, karena audisi grup 48 family lainnya belum pernah ditayangkan di televisi. Benar, 'kan? Jika salah koreksi admin ya :)

Acara ini menjelaskan proses audisi generasi dua JKT48, mulai dari seleksi formulir hingga pengumuman member yang lolos tahap interview. Kanal youtube OmOpis telah merekam dan mengunggah keseluruhan episode pertama audisi generasi dua ini, ayo kita tonton videonya.


Video di atas adalah segmen pertama episode ini. Di awal ada VT tentang penjelasan kakak tertua dari JKT48 yaitu AKB48 sebagai sister group JKT48 di Jepang, lalu penjelasan singkat JKT48 lewat penampilan-penampilan lagu Heavy Rotation, Shonichi, dan Ponytail to Shushu. Host acara ini adalah Wenda Tan (ex-personil Cherrybelle) dan Ajun (personil The Junas Monkey). OK, terlihat kedua pembawa acara ini belum menguasai konsep acara audisi, terutama Ajun yang masih agak kaku. Tampil juga perwakilan JKT48 Operation Team yaitu Jiro Inao (General Manager JKT48), Rinintha Pradiza (PR event JKT48), Toshiaki Gomi (Direktur Kreatif JKT48) dan Santi Andria (Member Manager). Terhitung sekitar 4.500 pelamar yang mencoba peruntungannya di audisi generasi 2 JKT48 ini, hampir meningkat empat kali lipat dari gnerasi pertama yang "hanya" 1.200 pelamar.
Sekitar 200-an gadis yang lolos audisi formulir ditelepon pihak JOT untuk datang di audisi tahap berikutnya yaitu tahap wawancara (interview).


Masuk ke segmen kedua yaitu audisi hari pertama yang mengundang 100-an peserta yang lolos audisi formulir. Ada satu peserta audisi yang disorot karena bakatnya yang menarik, bersuara merdu dan pandai menari (walaupun tarian K-pop, tak masalah, ingat saja Kinal :D) dan jauh- jauh datang dari Bali, namanya Novintha yang berusia 17 tahun. Lolos atau tidak si hitam manis asal Bali ini? Yah, lanjut saja yuk ke peserta berikutnya
Ada juga Halima asal Bekasi yang berumur 15 tahun. Suaranya menurut admin hampir sama kualitasnya dengan Novintha, namun dancenya terlihat lebih luwes. Halima juga menceritakan cita-cita awalnya, ia ingin menjadi pramugari, namun impiannya itu harus dikubur dalam-dalam karena matanya minus.
Berikutnya ada beberapa peserta audisi yang menampilkan bakat-bakatnya, tak hanya suara yang bagus dan tarian yang keren, namun juga ada yang menampilkan bakat akting (yeah, this is idol group, not only dance and singing). Salah satunya Karina, gadis 14 tahun asal Bandung yang punya bakat akting memukau.



Video di atas adalah segmen ketiga episode ini, yaitu audisi hari kedua yang kembali mengundang 100-an peserta yang lolos audisi formulir. Ada kakak beradik Sinka (16) dan Sinta (18) asal Jakarta, yang juga ikut audisi generasi pertama tahun lalu namun tidak lolos. Mereka unjuk kebolehan menari dan menyanyi Heavy Rotation. Menurut admin, kalau mereka lolos mereka bisa jadi dilirik para fans, meneruskan hegemoni kakak beradik Laksani sisters dan Winarto sisters, hmm...
Namun dari sekian peserta yang disorot, admin paling takjub dengan peserta yang mulai tampil di menit ke-4 segmen ini. Olivia, yang datang jauh-jauh dari Belanda (atau Malang ya? Dia bilang dari Belanda namun domisili yang ditampilkan di layar adalah Malang. Oke, mungkin kota Malang adalah domisilinya sekarang setelah pindah dari Belanda) dan kakinya sedang cedera, namun tidak menyurutkan semangatnya untuk datang ke audisi. Olivia sangat mengidolakan JKT48 dan ingin menjadi seperti mereka. "Menginispirasi orang adalah sesuatu yang indah", paparnya
Olivia bisa berbahasa Inggris dengan sangat baik. Dan saat Rinintha Pradiza bertanya, "mengapa kamu tetap datang ke audisi padahal kamu sedang cedera?", ia menjawab, "Ini adalah kesempatan spesial, tak datang setiap hari. Cedera tak akan menghalangi saya untuk meraih mimpi"

Nah, saatnya segmen 4, yaitu pengumuman peserta yang lolos audisi tahap wawancara di atas. Bagaimana hasilnya? Ayo tonton video ini


Segmen keempat ini menceritakan hari ketiga proses audisi wawancara, ke 200 peserta dikumpulkan untuk pengumuman peserta yang lolos ke tahap berikutnya. Sambil menunggu keputusan juri, ada beberapa peserta yang unjuk kebolehan, seperti cosplay seperti Anisa (menit ke 2).
Sebelum pengumuman, seluruh peserta diminta untuk dance Heavy Rotation. Dan dimulai-lah pengumuman peserta yang lolos. Ada sekitar 50-an peserta yang lolos, dan yang paling admin ingat adalah peserta favorit admin yaitu Olivia. Hebat, dia diberikan kesempatan oleh juri karena tekadnya yang begitu keras.
Anisa sang cosplayer juga lolos.

Kalau admin tidak salah, setelah ini mereka yang lolos akan mengikuti tahap latihan intensif selama 3 - 4 minggu sebelum menghadapi audisi final yang akan penjuriannya dipimpin langsung oleh sang total producer, Yasushi Akimoto. Dan karena hari ini baru episode pertama, maka akan ada episode berikutnya. Apakah episode selanjutnya akan ditayangkan bagaimana tahap latihan intensif? Belum ada pengumuman terbaru, kita tunggu saja informasi dari RCTI dan manajemen JKT48.

Semoga generasi kedua JKT48 adalah gadis-gadis bermental baja yang berusaha keras menggapai impiannya menjadi seorang idola, juga segera meringankan beban kakak-kakak angkatan di generasi pertama yang sudah mulai berjatuhan karena sakit pasca jadwal show yang sangat padat

Update : Mau lanjut nonton ke episode dua? Klik disini

Stay tune on JKT48 Progress!


Bergabunglah di grup ★JKT48 no Fansu!★ untuk saling berbagi informasi, keceriaan dan pengalaman tentang JKT48 antar sesama fans JKT48!